Bagaimana Seorang Muslim Bisa Masuk Surga


Kajian berikut ini diadakan di Masjid Al-Hilal, Jl. Purwodadi Raya No. 86-88 Surabaya, ba'da Maghrib, pada hari Sabtu, 16 Juni 2012 yang dibawakan Ustadz Abu Qotadah dengan tema "Bagaimana Seorang Muslim Bisa Masuk Surga".

Pembahasan ringkasnya diawali dengan tujuan seorang muslim taat beriman dan beramal shaleh adalah masuk surga, kecuali yang tidak mau, ini sesuai dengan Hadits Rasulullah shallallahu’alaihiwasallam yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dari sahabat Abu Hurairah radhiyallahu’anhu  “Seluruh umatku akan masuk surga kecuali yang enggan”. Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, siapakah yang enggan (untuk masuk surga)?”. Beliau menjawab, “Barang siapa yang taat padaku maka ia akan masuk surga, dan barang siapa yang tidak mentaatiku berarti ia telah enggan (untuk masuk surga)”.


Kemudian juga dibahas pelajaran-pelajaran penting yang bisa diambil faedahnya dari Hadits Rasulullah shallallahu’alaihiwasallam, yang berbunyi:

“Siapa yang hari ini berpuasa?, Abu Bakar menjawab: ‘Saya’ ”

“Siapa yang hari ini ikut mengantar jenazah?, Abu Bakar menjawab: ‘Saya’ ”

“Siapa yang hari ini memberi makan orang miskin?, Abu Bakar menjawab: ‘Saya’ ”

“Siapa yang hari ini menjenguk orang sakit?, Abu Bakar menjawab: ‘Saya’”

“Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam lalu bersabda: ‘Tidaklah semua ini dilakukan oleh seseorang kecuali dia akan masuk surga’

Ada 5 faedah dari Hadits ini yang dibahas oleh Ustadz Abu Qotadah.

Untuk lebih lengkapnya bisa diunduh mp3 materi kajian disini

Comments

Posting Komentar